Proses Terjadinya Bunyi Pada Gitar Dan Kendang

Suara gitarnya sangat merdu, dan membuat pendengarnya merasa nyaman. Apalagi jika ditambah dengan bernyanyi, kita merasa lebih nyaman duduk dan mendengarkan sampai selesai.

Tapi pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana membuat suara gitar atau drum?

Gitar seperti yang dikenal adalah alat musik petik. Dengan senar, serta “tubuh” yang terbuat dari kayu, saya tidak pernah menyangka bahwa alat musik ini dapat menghasilkan musik perkusi yang begitu menggugah selera. Selama ini asyik mendengarkan lagu yang diiringi gitar.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang terjadinya bunyi pada gitar atau drum, mari kita dengarkan.

Proses terjadinya bunyi pada gitar atau kendang

Kutipan dari buku Ringkasan Materi: Tematik SD Kelas 4 Kurikulum 2013 Ditinjau dari Soal Tematik (2019), gitar merupakan salah satu contoh alat musik yang bunyinya dihasilkan saat dipetik. Gitar dimainkan dengan cara memetik senar atau senar. Saat memetik senar atau senar, gitar menghasilkan getaran yang dapat menggetarkan udara di dalam casing gitar. Oleh karena itu, proses pelepasan suara pada gitar dihasilkan saat dipetik.

Berbeda dengan gitar, kendang atau kendang merupakan contoh alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Drum berbunyi saat dipukul. Saat mengenai membran silinder kulit, udara di dalam silinder juga akan bergetar. Oleh karena itu, silinder mengeluarkan suara ketika dipukul.

Semua jenis suara berasal dari tubuh yang bergetar. Menggetarkan suatu benda menyebabkan udara disekitarnya bergetar. Getaran ini menghasilkan gelombang suara di udara. Benda yang bergetar dan mengeluarkan bunyi disebut sumber bunyi.

Proses untuk membunyikan gitar atau drum bervariasi. Suara gitar dihasilkan saat ditekan, sedangkan suara drum dihasilkan saat dipukul. Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Namun, suara tidak dapat merambat dalam ruang hampa.

Pelajari Chord Gitar :

chordtela.co.id