Penghargaan Tinggi Kapolri untuk Satpam

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian memimpin langsung upacara peringatan HUT ke-36 Satuan Pengamanan ( Satpam) di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (14/1/2016).

Dalam upacara tersebut, Tito berulangkali mengungkapkan penghargaannya terhadap Satpam.

“Saya sengaja ingin mengambil kesempatan apel Satpam ini untuk memberikan pesan bahwa Satpam sangat penting artinya. Saya tidak ingin diwakilkan dalam apel ini,” ujar Tito.

Menurut Tito, tidak dapat dipungkiri bahwa Satpam berperan besar dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

Satpam tidak hanya sebagai garda terdepan dalam menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha dan lingkungan kerja, tetapi juga berperan dalam melindungi keselamatan masyarakat.

Meningkatnya kerawanan situasi keamanan membuat risiko keselamatan terhadap Satpam juga semakin tinggi. Tak jarang Satpam justru menjadi korban dari meningkatnya aksi kejahatan.

Sebagai contoh, menurut Tito, dalam kasus bom di depan Kedutaan Besar Filipina, yang meninggal pertama kali adalah Satpam.

Kemudian, dalam kasus bom Thamrin, Satpam yang maju pertama kali sebelum Polisi, TNI dan petugas keamanan lain datang.

Contoh lain, seperti dalam kasus ledakan bom yang ada di depan Kedutaan Besar Australia, beberapa waktu lalu, yang pertama kali menolong anak kecil yang terkena ledakan bom adalah Satpam.

“Belum lagi kasus lain, perampokan, penodongan, pencopetan, Satpam adalah garis terdepan, karena jumlah mereka lebih banyak dari Polisi,” kata Tito.

Untuk itu, Tito mengajak masyarakat agar lebih menghargai peran Satpam. Tito meminta agar masyarakat tidak menganggap pekerjaan Satpam sebagai pekerjaan rendahan.

Di sisi lain, Tito berharap personel Satpam lebih berupaya meningkatkan profesionalitas, disiplin, menjunjung kode etik, dan menggunakan keahlian dan pelatihan khusus hanya untuk mengabdi kepada publik.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada 463.512 personil Satpam di seluruh Indonesia. Melalui perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan tugas, kami berharap peran Satpam sebagai mitra dalam melaksanakan ketertiban pengamanan secara swakarsa dapat lebih optimal di masa mendatang,”kata Tito.

Sumber : https://nasional.kompas.com/read/2017/01/14/14070201/penghargaan.tinggi.kapolri.untuk.satpam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *